Nama Pengarang : Prof. Dr. H. Samsul Nizar, M.Ag
Judul Buku : Sejarah pendidikan Islam
Bab yang dibahas : XXI BAB
Tahun Terbit : 2007
Tempat Terbit : Jakarta
Tebal Buku : XXX + 360 Halaman; 23 Halaman
Penerbit : KENCANA PERDANA MEDIA GROUP
Buku
yang dieditori oleh Prof. Dr. H. Samsul Nizar, M.Ag merupakan kumpulan
tulisan tentang sejarah pendidikan Islam dari beberapa penulis dengan
menyelusuri jejak sejarah pendidikan era Rosulullahbsampai Indonesia.
Dalam kata pengantar editor Prof. Dr. H. Nizar menerangkan quo vadis pendidikan
Islam di Indnesia, menyelusuri sejarah menuju paradigma pendidikan
berkualitas. Dalam pembahasan ini, diterangkan kondisi pendidikan
nasional yang serba dengan kekurangan dan eror direfleksikan kepada sejarah pendidikan Islam untuk memperbaiki sistem pendidikan nasional ke arah yang lebih maju.
Pada
BAB I ditulis tentang Profil Rosulullah sebagai Pendidik ideal: telaah
pola pendidikan Islam era Rosulullah fase Makkah dan Madinah yang
ditulis oleh Zainal Efendi Hasibuan menerangkan tentang kondisi
politik, sosiokultural pra Islam sampai fase awal Islam dan bagaimana
pendidikan pada zaman Rosulullah mulai dari lembaga pendidikannya,
materi dan kurikulum serta metode pengajaran dan evaluasi era
Rosulullah. Rosulullah sebagai pendidik yang ideal dapat dilihat dari
indikator walaupun dengan sarana dan prasarana yang terbatas dapat
menelurkan para intelektual yang berkualitas. Yang dahulunya bangsa arab
masih terkukung dalam kegelapan dan kejahiliahan melesat ke arah
peradaban yang tinggi. Dan metode yang diterapka rosulullah sangat
berfariasi sehingga dapat menghilangkan kejenuhan. Dan yang paling utama
Rosulullah mendidik para sahabat dengan menjadikan dirinya sebagai suri
tauladan. Adapun kurikulum yang dipakai Rosulullah adalah kurikulum
berbasis masyarakat. Hal tersebut dapat dilihat dari pembagian
pengajaran era makkah dan era madinah.
Pada
BAB II ditulis tentang pola pendidikan Islam pada periode Rosulullah
mekkah dan madinah ditulis oleh Kamaruzzaman. Disana diterangkan
tentang kondisi sosial kultural makah dan madinah pada era Rosulullah
dan pola yang dilakukan Rosulullah dalam mengajarkan tauhid kepada para
sahabatnya. Kurikulum yang digunakan yaitu berlandaskan Al-Qur’an dan
Al-Hadist.
BAB
III tentang pola pendidikan Islam pada masa Khulafaurrosyidin ditulis
oleh Mhd. Dalpen. Disini diterangkan tentang keadaan dan sistem
pendidikan di zaman Khulafaurrosyidin. Pada zaman Abu bakar, sistem
pendidikannya tidah jauh berbeda dari pendidikan pada masa Rosulullah.
Pada masa Umar pendidikan sudah lebih meningkat dimana para guru sudah
diangkat dan digaji yang diambil dari baitul mall untuk mengajar
ke daerah-daerah yang baru ditaklukan. Pada masa Usman. Pendidikan
diserahkan pada rakyat dan sahabat yang tidak hanya fokus di mMadinah
melainkan dikirim ke daerah-daerah lainnya. Pada masa Ali, pendidikan
kurang mendapat perhatian dikarenakan terjadi pergolakan dan konflik
yang menimbulkan kekacauan.
BAB
IV pola pendidikan Islam pada periode dinasti Umayyah yang ditulis oleh
Silvianti Candra. Dieterangkan tentang pembentukan dinasti, kemajuan
yang dicapai oleh dinasti umayyah dan pola pendidikan dan pusat
pendidikannya. Pada masa ini berkembang ilmu-ilmu agama islam dan adanya
pembukuan hadist pada zaman Umar Bin Abdul Aziz.
BAB
V pola pendidikan Islam pada periode dinasti abasiyah yang ditulis oleh
Ali Nupiah. Disini dibahas tentang sejarah berdirinya daulah Abasiyah,
sistem politik, pemerintahan dan bentuk negara serta sistem sosialnya.
Pada zaman ini Islam mencapai punak kejayaan yang dapat dilihat
indikatornya yaitu majunya ilmu-ilmu sains dan tekhnologi. Dan puncak
kejayaan tersebut terjadi pada masa Harun Arrosyid.
BAB
VI Pola pendidikan Islam di Spanyol era awal tinjauan historis
filosofis ditulis oleh Samsul Nizar. Dalam tulisan ini dibahas tentang
sejarah awal Islam Spanyol, perkemabngan Pendidikan dan kebudayaan
Spanyol Islam beserta faktor penunjangnya, dan bias pendidikan spanyol
Islam bagi perkembangan dunia modern. Disini Spanyol diterangkan baha
spanyol merupakan pintu atau temapat penghubung antara dunia Islam dan
Eropa. Dari sinilah proses pencerahan Eropa terbentuk.
Dan
pada bab-bab yang selanjutnya diterangkan sejarah pendidikan islam dari
pendidikan Islam di andalusia oleh Yusmanto, lembaga-lembaga pendidikan
Islam era awal oleh Mira Astuti, kurikulum dan pola perkembangan ilmu
pengetahuan pada masa klasik hingga masa keemasan oleh Sondal Pramujaya,
transformasi dan kontribusi intelektual Isla atas dunia barat oleh
Farida Syam, madrasah Hizamiyah; pengaruhnya terhadap perkembangan
pendidikan islam dan aktivitas ortodoksi suni oleh Edi Warman,
pendidikan Islam pada era kemunduran oleh Mulyadi Hermanto Nasution,
kehancuran dinasti Abasiyah dan pengaruhnya terhadap pelaksanaan
pendidikan di dunia Islam oleh Roli Yandri, sejarah dan perkembangan
arsitektur Islam dinasti Usmaniyah oleh Samsul Nizar, dinamika sejarah
pendidikan perempuan potert timur tengah dan indonesia era awal oleh
Wahyu hikmah, dikotomi ilmu pengetahuan: akar tumbuhnya dikotomi ilmu
dalam peradaban Islam oleh Yudelasharmi, Muhammad Abduh dan usaha
pembaruan pendidikan Islam di Mesir oleh Yasmansyah, gagasan islamisasi
ilmu pengetahuan dan implikasinya dalam pendidikan oleh Ahmad Syarifin,
sejarahdan dinamika lemaga-lembaga pendidikan islam nusantara oleh
Abasri, pola kebijakan pendidikan Islam di Nusantara pada masa awal
samapai sebelum kemerdekaan oleh Maswardi, organisasi sosial keagamaan
dan pendidikan Islam oleh Muhammad Syaifudin, dan yang terahir pola dan
kebijakan pendidikan Islam pada masa awal kemerdekaan sampai pada orde
lama oleh Zulhandra.
Kesimpulan
Melihat
dari isi buku ini, disana diterangkan secara mendalam tentang sejarah
pendidikan Islam dari era Rosulullah hingga Islam di Indonesia pada masa
orde lama. Dengan bahasa penulisan yang apik dan runtut penulis
mengajak pembacanya untuk berdiskusi dan akan kita dapatkan analisis
atau riset yang jaranng ditemukan.
Dikarenakan
buku ini merupakan kumpulan dari makalah-makalah, pembahasan yang
disampaikan kurang rutut dan sistematis, sehingga agak menyulitkan para
pembaca untuk mengikuti alurnya, dan didalamnya terkadang ada dua
pembahasan yang setema disampaikan.
Sumber : http://almasakbar45.blogspot.com/2011/06/resensi-buku-sejarah-pendidikan-islam.html
0 komentar:
Posting Komentar